Berkunjung ke Pulau Komodo Indonesia

Yup!. Berkunjung Kepulau Komodo

Indahnya alam Indonesia Pulau Komodo satu diantara dari 7 Fenomena Dunia (hasil voting 2011). Taman Nasional Komodo terbagi dalam 3 pulau besar, Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar, namun juga sejumlah pulau kecil yang lain. Luas taman nasional ini keseluruhannya merupakan 1.817Km2.

Pulau Komodo berada di ujung amat barat Propinsi Nusa Tenggara Timur. Di pulau Komodo, hewan Komodo hidup dan berkembang biak secara bagus, berdasar data, sampai tengah 2009, pulau ini ditempati lebih kurang 1300 ekor komodo (+/- 2500 ekor di seluruh Pulau di TM. Komodo). Komodo merupakan species kadal paling besar di dunia, dengan panjang umumnya 2-3 mtr., dan berat badan paling sedikit 90Kg.

Taman Nasional Komodo yang terbagi dalam sejumlah pulau pastinya terpisahkan oleh laut. Kehidupan bawah laut di sini juga tidak kalah eloknya. Anda bisa mendapati 385 spesies karang cantik, 70 type bunga karang, 10 type lumba-lumba, 6 jenis paus, penyu hijau, beberapa type hiu, dan ikan pari.

Waktu liburan di sini, beberapa perihal yang dapat dijalankan. Oleh sebab itu yakinkan kalau kaki Anda bugar dan lumayan kuat buat berkeliling-keliling pulau ini. Di pulau ini Anda dibawa buat trackking mengikut lajur yang udah direncanakan dan aman. Di Pulau Komodo, Anda harus mendaki Gunung Ara dengan tinggi 538 m di atas laut waktu 3 atau 4 jam. Di Pulau Rinca, Anda wajib lakukan trackking waktu 1,5 jam. Kalau anda mujur, Anda bisa memandang komodo yang tengah menggempur mangsanya, berkelahi, atau tengah jalan perlahan-lahan sejauh jalan. So ingin tahu dengan pulau ini? Berikut realitas yang penting dikenali saat sebelum bertandang ke Pulau Komodo.

Realitas Perihal Komodo

Taman Nasional Komodo dikatakan jadi a World Heritage Site dan Man and Biosphere Reserve oleh UNESCO tahun 1986. Komodo paling panjang yang pernah sempat tercantum merupakan 3,13meter dengan berat 166Kg. Punyai 60 buah gigi yang bergerigi tajam sejauh lebih kurang 2.5 cm, yang acapkali digant.
Air liur komodo sering bergabung sedikit darah lantaran giginya nyaris semua dilapis jaringan gingiva dan jaringan ini tercabik waktu makan. Situasi ini membikin lingkungan perkembangan yang baik buat bakteri mematikan yang hidup di mulut mereka.
Komodo jantan makin besar ketimbang komodo betina, dengan warna kulit dari abu-abu gelap hingga sampai merah batu bata, sementara komodo betina lebih punya warna hijau buah zaitun, dan punyai potongan kecil kuning pada kerongkongannya. Komodo muda lebih punya warna, dengan warna kuning, hijau dan putih pada background hitam.
Bakteri yang paling membunuh di air liur komodo kelihatannya merupakan bakteri Pasteurella multocida. Musim kawin berlangsung di bulan Mei dan Agustus. Punya kandungan telur waktu satu bulan, dan telur dapat menetas dalam tempo 7-8 bulan. Satu ekor komodo betina bisa bertelur sampai 13 butir.

Cara Menggapai Pulau Komodo

Kalau Anda berawal dari Jakarta, harus transit di Bali lebih dahulu. Dari Bali, perjalanan dilanjutkan ketujuan Labuan Bajo, sebuah kota kecil di barat laut Flores yang disebut gerbang buat ketujuan Pulau Komodo. Ada sekian banyak perusahan penerbangan yang layani arah Denpasar-Labuan Bajo, sama waktu perjalanan lebih kurang 1/2 jam.

Hal-Hal yang di tidak bisa dilakukan di Pulau Komodo

Kalaupun bercakap terkait cuaca, temperatur dalam tempat ini sangatlah panas dan lembab, oleh karena itu yakinkan kalian, banyak travelvers, bawa sejumlah botol air minum agar tidak dehidrasi alias kehausan. Gak boleh pergi sendirian. Lebih bagus pergi bersama pemandu tamasya atau petugas taman. Gak boleh mengacau atau memberinya makan komodo. Meskipun pergerakannya lamban dan malas, hewan ini bisa mendadak jadi agresif dan bergerak dalam sekejap.
Di saat mengerjakan trackking, sertakan tongkat yang bercabang dua. Komodo rata-rata takut kalau ditakut-takuti dengan tongkat.
Pakai sepatu. Pulau Komodo, Rinca, dan Pidar punyai 12 type ular dan 3 salah satunya beracun, contoh-contohnya ular hijau yang hidup di pohon, Kobra, dan Russel’s Viper yang hidup di lubang tanah padang rumput savanna.

Wanita yang tengah menstruasi harus melapor pada pemandu atau petugas pulau biar lebih jadi perhatian. Komodo punyai indra penciuman yang tajam dan bisa menjadi agresif kalau mencucup bau darah.

Sertakan obat nyamuk atau pakai lotion anti nyamuk.
Rata-rata tempat di Pulau Komodo dan Rinca merupakan padang rumput savanna yang simpel terbakar pada waktu musim kemarau, jadi tidak diperbolehkan merokok dan menghidupkan api.

Subscibe Now

STAY IN TOUCH TO GET OUR RECENT NEWS

Filman G.

Filman G.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Liburan Asyik